Panduan Membuat Website di WordPress.com terbaru 2013

Panduan Membuat Website di WordPress.com terbaru 2013

 


Modul pelatihan “Cara Mudah Membuat Website dengan WordPress” ini ditujukan bagi siapa saja yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat website secara instant dengan menggunakan wordpress yang berbasis open source dan bebas biaya.
Modul ini digunakan oleh tim Divisi Programming Timor-Leste Open Source Community (TOSC) untuk menfasilitasi pelatihan anggota TOSC dalam membuat website secara mudah menggunakan WordPress.
Semoga modul ini bermanfaat untuk rekan-rekan semuanya ;)
 membuat website di WordPress.com. Cara membuat website / web blog di WordPress.com kurang lebih mirip dengan cara membuat website / web blog di Blogger. WordPress.com sendiri juga menyediakan WordPress versi bahasa Indonesia, jadi sepertinya tidak ada kesulitan apapun untuk membuat website di WordPress.com. Lalu apa keunggulan WordPress sehingga kali ini kita berikan catatan membuat website di WordPress.com? Oke, kita mulai saja bahas satu-satu.
Anda tentu tau SEO (Search Engine Optimation) bukan??? Nah kalo belum tau anda perlu membaca sekilas tentang SEO & optimalisasi website agar trafik web/blog meningkat. Tapi jika anda membuat website di WordPress.com anda tidak perlu lagi memikirkan SEO, anda cukup optimalisasi keyword saja. Lha kok bisa? Soalnya di wordpress.com, SEO nya sudah di optimalkan oleh bawaan CMS WordPress itu sendiri. So…kita tinggal posting dan optimalisasi sedikit. Nah…anda jadi pengen kan punya blog di wordpress…Yukk kita lihat panduan membuat website di WordPress.com berikut.
  1. Silahkan anda masuk di wordpress.com, untuk bahasa Indonesia gunakan alamat http://id.wordpress.com kemudian klik Sign Up now
  2. Isi form yang ada seperti username, password, alamat email dll kemudian klik next
  3. Isi juga Blog Domain, blog title dll sesuai dengan keinginan anda. Setelah selesai klik signup
  4. setelah selesai anda di tunjukkan halaman update profile. Anda bisa mengupdate profile anda atau tidak. Jika sudah silahkan cek di email anda verifikasi yang dikirim oleh wordpress. Jika anda keliru menuliskan alamat email anda, silahkan anda update email anda di halaman paling bawah.
  5. Nah setelah semua anda lakukan, sekarang anda sudah mempunyai website di wordpress.com. Tugas anda selanjutnya adalah mengupdate dan mengisi web anda
Untuk mengedit atau posting di web anda, anda harus masuk ke menu admin terlebih dulu. Silahkan anda masuk di alamat nama_web_anda.wordpress.com/wp-admin. Kemudian masukkan nama username dan password anda. Nah disitu akan terlihat tools-tools di wordpress. Terus bagaimana cara memakainya? Yuk kita lanjutkan lagi Panduan Membuat Website di WordPress.com:
  • Tulisan : dipakai untuk memposting tulisan baru atau mengedit tulisan lama di wordpress
  • Media : dipakai untuk mengupload gambar di wordpress yang mau kita pakai atau mau kita tampilkan.
  • Tautan : berisi link lain atau alamat web lainnya
  • Halaman : berisi menu atau halaman tertentu yang mau anda tampilkan
  • Tampilan : disini anda bisa mengubah template atau theme wordpress sesuai pilhan anda. anda juga bisa mengganti gambarnya dengan mengklik tajuk tersuai atau menambahkan komponen lain dengan mengklik widget.
  • Pengaturan :disini anda bisa mengatur setting web anda, judul, bahasa dll
Nah itu tadi sedikit uraian singkat tentang Panduan Membuat Website di WordPress.com.. Jika masih kurang jelas, silahkan lihat videonya di bawah ini.

Selamat Mencoba!
Refrensi :  http://doscom.org/cara-mudah-membuat-website-dengan-wordpress/ + http://m.satublogs.com/wordpress/panduan-membuat-website-di-wordpress.html

Share:

6 comments:

  1. Admin : Sama-sama gans, Terimakasih telah berkunjung ...

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sudah share gan, salam kenal

    ReplyDelete
  3. belum pernah pakai wordpress saya gan, ingin mencoba nya sih. namun katanya berbayar kalau wordpress, betul gak itu gan?
    thanks sharing nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Admin
      nNgak Kok gan gak bayar sepeserpun
      Thanks for visit

      Delete
  4. #Admin
    Ok gans, thanks for visit

    ReplyDelete

Populer Artikel