Perkembngan Mobil Masa Depan yang Driverless, Wireless, Bisa Terbang & Menyelam

 

Mobil Masa Depan yang Driverless,
Wireless,
Bisa Terbang & Menyelam



JAKARTA, i-Techmagazine.com: Tahukah Anda, bahwa lima tahun yang lalu telepon sesuler (ponsel) berada di garis terdepan kemajuan teknologi? Lalu pada 2010 kemajuan itu disusul oleh perkembangan komputer tablet. Kini, miliaran dolar diinvestasikan untuk menciptakan sarana kenyamanan digital berikutnya, yaitu mobil super-canggih yang bisa terbang, terapung, dan menyelam ke dasar laut.
Dari sisi aturan pemerintah, menggunakan ponsel saat mengemudi sangat dilarang. Di Inggris, misalnya, hal itu dianggap sebagai suatu tindakan illegal sejak 2003. Tapi 10 tahun mendatang, semua aturan seperti itu akan dilangkahi oleh kemajuan teknologi.
Produsen mobil berharap bahwa banyak fitur teknologi canggih akan dipasang pada smartcar dan akan lebih dahsyat dari kemajuan yang sekarang dapat dilihat pada smartphone; suatu perkembangan yang mengubah cara kita menggunakan mobil.
Teknologi membantu pengendara mengemudi dengan aman, karena sensor kendaraan sudah mampu mendeteksi kendaraan lain di sekitarnya. Dengan demikian kemungkinan bertabrakan atau bersenggolan dengan kendaraan lain sudah bisa dikurangi.
Perusahaan mobil bernama TERRAFUGIA sudah menciptakan prototype mobil terbang. Di jalan raya dia berfungsi sebagai mobil dan pengendaranya disebut sopir. Saat tinggal landas, dia menjadi pesawat terbang dan pengemudinya disebut pilot. [Lihat Video]
Nah, ini yang mesti digunakan di kota-kota yang sering macet. Tapi, kalau semua mobil mulai beterbangan maka kemacetan akan pindah dari darat ke udara, dan bila tidak diatur secara baik, maka bisa berbahaya.
RINSPEED juga sudah menciptakan prototype mobil ampibi. Di darat dia berfungsi sebagai mobil, bahkan mobil tanpa sopir atau driverless car", di atas laut dia menjadi kapal, di dalam laut di menjadi kapal selam.
Mobil ini cocok untuk keperluan militer dan operasi kepolisian dalam memburu penjahat. Versi selanjutnya yang akan diproduksikan adalah "mobil empat alam" yang bisa ngebut di darat, terbang di langit, berlayar di laut, dan menyelam ke dasar laut. [Lihat Video]

Dengan kemajuan yang begitu pesat, bilakah tiba waktunya di mana mobil-mobil pintar meluncur memasuki ruang parkirnya sendiri dengan aman tanpa dipandu sopir di berbagai tempat di Indonesia?
Seperti dilaporkan Alex Hudson dari BBC News, itu semua bergantung pada mobil yang terhubung ke Internet . Dan semua mobil pintar di masa depan memang akan tersambung ke Internet. Mobil-mobil itu cukup dijalankan dengan perintah-perintah suara dan dengan nyamannya Anda akan tiba di tempat tujuan dengan aman dan nyaman.
Kini, banyak mobil sudah terhubung ke jaringan wireless dan perkembangan ini merupakan tren pertumbuhan tercepat ketiga setelah ponsel dan komputer tablet.
Menurut keterangan Jack Bergquist dari perusahaan pemantau perkembangan teknologi informasi IHS, akhir 2014, setiap kendaraan baru produksi merk-merk terkenal akan menawarkan beberapa jenis konektivitas yang kaya dengan berbagai fitur. Dengan demikian, mobil-mobil baru itu akan muncul dengan tampilan dan kecanggihan teknologi yang benar-benar memukau.
“Ford dengan tegas menyatakan bahwa kemajuan teknologi ini akan membuat mereka mampu meningkatkan omset penjualan mobil,’’ kata Jack Bergquist. “Lebih dari 50 % konsumen akan terpengaruh oleh kehadiran perangkat yang dilengkapi koneksi Internet,’’ imbuhnya.
Sejauh ini, sejumlah buku fiksi ilmiah telah secara teratur menunjukkan contoh dari apa yang bisa dicapai oleh mobil-mobil pintar. Namanya sudah mulai bergeser dari “mobil pintar” ke “mobil cerdas”.
Salah satu layanan yang dipastikan akan tersedia pada mobil-mobil cerdas itu adalah adanya aplikasi yang dapat menunjukkan SPBU local, berikut harga bahan bakar yang dijual di sana.
Dengan demikian pengemudi bisa menghemat penggunaan bahan bakar, karena kemampuan mobil mendeteksi lokasi tempat pengisian BBM yang terdekat, berikut harga yang ditawarkan masing-masing SPBU.
Selain itu, ada juga sebuah aplikasi untuk menemukan tempat parkir mobil yang kosong di beberapa kota besar. Suatu kondisi yang selama ini memusingkan para pengguna mobil di kota-kota besar akibat terbatasnya lokasi parkir, akan dapat diatasi dengan kehadiran teknologi canggih di mobil-mobil masa depan itu.

Share:

No comments:

Post a Comment

Populer Artikel